Deskripsi Masalah
Shalat ‘Id adalah salah
satu shalat sunnah mu’akkad yang dianjurkan kepada kaum muslimin baik laki-laki
maupun perempuan. Kehadiran seorang perempuan ke masjid, mushalla atau lapangan
untuk melaksanakan shalat ‘id disyaratkan harus tidak bertabarruj
(berhias diri), tidak memakai wangi-wangian dan hal lain yang dapat menimbulkan
fitnah.
Dalam fenomina saat pelaksanaan shalat ‘id tidak lagi memperhatikan
syarat-syarat tersebut. Campur baur laki-laki perempuan, perempuan berhias
diri, memakai wangi-wangian dan hal-hal lainnya yang dapat menimbulkan fitnah
menjadi pemandangan dalam pelaksanaan shalat ‘id, terutama di kota-kota.
Fenomina lainnya, ada suatu daerah melaksanakan
shalat ‘id sesama perempuan. Imam, khatib dan jamaahnya semua perempuan untuk
menghindari terjadinya fitnah. Ada juga yang melaksanakan shalat ‘id sendirian
di rumah tanpa pembacaan khutbah. Di kebanyakan daerah pedesaan ada fenomina lain. Para perempuan tidak
melaksanakan shalat ‘id tetapi tetap hadir ke majelis shalat ‘id.
Pertanyaan:
a. Bagaimana hukum menghadiri dan
melaksanakan shalat ‘id di masjid, mushalla atau lapangan bagi perempuan dalam
kondisi saat ini yang mengabaikan syarat-syarat tidak bertabarruj
(berhias diri), tidak memakai wangi-wangian dan hal lain yang dapat menimbulkan
fitnah?
Jawaban
Dirinci sebagai berikut:
1. Disunnahkan
bagi perempuan yang sudah lanjut usia dan perempuan yang tidak menarik dengan
syarat tidak memakai pakaian berhias, wangi-wangian dan aman dari fitnah;
2. Makruh
bagi perempuan yang sudah lanjut usia dan yang tidak menarik dengan memakai
pakaian berhias, wangi-wangian dan tidak aman dari fitnah. Juga wanita cantik
(menarik) walaupun tanpa memakai pakaian berhias, wangi-wangian dan aman dari
fitnah;
3. Haram
bagi perempuan yang cantik (menarik) dengan memakai pakaian berhias,
wangi-wangian atau menyangka adanya fitnah.
Dasar pengambilan
hukum:

1. المنهج القويم، جـ 1،
صـ 401- 402 مكتبة شاملة
( و ) يسن ( خروج العجوز ) لصلاة العيد والجماعات ( بذلة
) أي في ثياب مهنتها وشغلها ( بلا طيب ) ويتنظفن بالماء ويكره بالطيب والزينة كما
يكره الحضور لذوات الهيئات ولو عجائز وللشابات وإن كن مبتذلات بل يصلين في بيوتهن ولا بأس بجماعتهن ولا بأن تعظهن واحدة ويندب
لمن لا يخرج منهن التزين إظهارا للسرور وإنما يجوز الخروج للحليلية بإذن حليلها
2. البجيرمي
على المنهج، جـ 4، صـ 254 مكتبة شاملة
أَمَّا النِّسَاءُ فَيُكْرَهُ لِذَوَاتِ الْهَيْئَةِ
الْحُضُورُ وَيُسَنُّ لِغَيْرِهِنَّ وَيَتَنَظَّفْنَ بِالْمَاءِ وَلَا
يَتَطَيَّبْنَ وَيَخْرُجْنَ فِي ثِيَابِ بِذْلَتِهِنَّ. -الى ان قال- (قَوْلُهُ : لِذَوَاتِ الْهَيْئَةِ إلَخْ ) ظَاهِرُهُ أَنَّ
ذَاتَ الْجَمَالِ تَحْضُرُ إذَا لَمْ تَتَزَيَّنْ وَلَيْسَ كَذَلِكَ اللَّهُمَّ
إلَّا أَنْ يُجَابَ بِأَنَّ الْمُرَادَ بِذَاتِ الْهَيْئَةِ وَلَوْ بِالنِّسْبَةِ
لِلْبَدَنِ فَتَدْخُلُ الشَّابَّةُ الْجَمِيلَةُ وَتَخْرُجُ الْعَجُوزُ
وَالشَّابَّةُ غَيْرُ الْجَمِيلَةِ إذَا لَمْ يَتَزَيَّنَا قال البِرْمَاوِيٌّ
فَالْمُرَادُ بِذَوَاتِ الْهَيْئَةِ بَدَنًا أَوْ مَلْبَسًا
3. حاشية
الجمل على المنهج، جـ2، صـ 684

4. إسعاد
الرفيق شرح سلم التوفيق
وقوله صلى
الله عليه وسلم انهوا نسائكم عن لبس الزينة والتبختر فى المسجد فإن بني إسرائيل لم
يلعنوا حتى لبست نسائهم الزينة والتبختر فى المسجد، قال فى الزواجر وهو من الكبائر
لصريح هذه الأحاديث وينبغى حمله ليوافق قواعدنا على ما إذا تحققت الفتنة أما مجرد
خشيتها فإنما هو مكروه ومع ظنها حرام غير كبيرة كما هو ظاهر وعد من الكبائر أيضا
خروجها بغير إذن زوجها ورضاه لغير ضرورة شرعي.
b.
Apakah mendirikan shalat dengan jamaah
sesama perempuan menjadi salah satu alternatif untuk menghindari fitnah dan
bagaimana hukumnya?

Mendirikan shalat ‘id
sesama perempuan dalam kondisi sulitnya menghindar dari terjadinya fitnah dan
hal-hal lain yang dilarang bisa menjadi salah satu alternatif. Dan hukum
pelaksanaan shalatnya tetap disunnahkan. Sedangkan khutbah ‘id tidak
diperbolehkan bagi khatib perempuan, tetapi cukup dengan mau’idhatul hasanah.
Dasar pengambilan hukum:
1. فتاوي النووي
جـ 1 فى باب صلاة العيد
تسن صلاة العيدين للنساء جماعة فى
بيوتهن وأما خروجهن من بيوتهن لحضورها فيسن للعجوز وغير ذوات الهيئات والجمال غير
متزينات ولا متطيبات مع أمن الفتنة ويكره لهن مع الطيب او الزينة وكذا لذوات
الهيئات او الجمال غير متزينات ولا متطيبات او مع خوف الفتنة ويحرم لهن إذا تزين أو
تطيبن أو مع ظن الفتنة وكان من الكبائر إذا تحققت الفتنة او بغير إذن زوجها، ولا
تصح خطبة المرأة بل وتحرم إذا قصدت خطبة شرعية أو التشبه بالرجال لتعاطيها عبادة
فاسدة قياسا على الأذان.
2. أسنى المطالب، جـ 4، صـ 115، مكتبة شاملة

3. حواشي الشرواني، جـ 3، صـ 40
(ولا خطبة له)
أي ولا لجماعة النساء إلا أن يخطب لهن ذكر فلو قامت واحدة منهن ووعظتهن فلا بأس
4. الباجوري، جـ 1، صـ 226
(قوله خطبتين) أي كخطبتي الجمعة فى
الأركان لا فى الشروط فإنها لا تشترط هنا بل تستحب الا الإسماع والسماع وكون
الخطبة عربية وكون الخطيب ذكرا اهـ
c.
Bagi wanita yang khawatir terjadi fitnah, apakah
dianjurkan shalat ‘id dan khutbah sendiri di rumah?
Jawaban
Dianjurkan shalat sendirian
di rumahnya dan tidak disunnahkan membaca khuthbah.
Dasar pengambilan hukum:
حاشية الباجوري، جـ1، صـ 224
فلا تشترط لها الجماعة كما هو ظاهر ولا تسن
الخطبة للمنفرد
d.
Apakah ada anjuran menghadiri majelis shalat ‘id
bagi orang yang tidak bermaksud melakukan shalat ‘id?

Ada anjuran menghadirinya,
tetapi tetap memperhatikan ketentuan-ketentuan pada jawaban sub (a) dan
maslahahnya hadir lebih besar dari pada mafsadahnya.
Dasar pengambilan hukum:
Merujuk ke sub (a)
أسنى المطالب، جـ 4، صـ 115، مكتبة شاملة
( وَيُسْتَحَبُّ ) الْحُضُورُ ( لِلْعَجَائِزِ )
الْأَوْلَى لِغَيْرِ ذَوَاتِ الْهَيْئَاتِ بِإِذْنِ أَزْوَاجِهِنَّ وَعَلَيْهِ
يُحْمَلُ خَبَرُ الصَّحِيحَيْنِ عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ { كَانَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُخْرِجُ الْعَوَاتِقَ وَذَوَاتَ الْخُدُورِ
وَالْحُيَّضَ فِي الْعِيدِ فَأَمَّا الْحُيَّضُ فَكُنَّ يَعْتَزِلْنَ الْمُصَلَّى
وَيَشْهَدْنَ الْخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِينَ }
[1] Hasil Keputusan
Bahtsul Masail NU Pamekasan Bulan Agustus 2015 di kediaman KH. Ach. Rahbini Abd. Latif, PP.
Nurul Hidayah Desa Rek-Kerrek (MWCNU Palengaan) Hari Sabtu (Malam Ahad), Tanggal : 01 Dzul Qa’dah 1436 H. / 15 Agustus 2015 M.
Labels:
Pembahasan Bahtsul Masasil,
Puasa dan Hari Raya
Thanks for reading Wanita menghadiri Shalat ‘Id. Please share...!
0 Comment for "Wanita menghadiri Shalat ‘Id"