Wanita menghadiri Shalat ‘Id



Deskripsi Masalah
Shalat ‘Id adalah salah satu shalat sunnah mu’akkad yang dianjurkan kepada kaum muslimin baik laki-laki maupun perempuan. Kehadiran seorang perempuan ke masjid, mushalla atau lapangan untuk melaksanakan shalat ‘id disyaratkan harus tidak bertabarruj (berhias diri), tidak memakai wangi-wangian dan hal lain yang dapat menimbulkan fitnah.
Dalam fenomina saat pelaksanaan shalat ‘id tidak lagi memperhatikan syarat-syarat tersebut. Campur baur laki-laki perempuan, perempuan berhias diri, memakai wangi-wangian dan hal-hal lainnya yang dapat menimbulkan fitnah menjadi pemandangan dalam pelaksanaan shalat ‘id, terutama di kota-kota.
Rounded Rectangle: 123
Fenomina lainnya, ada suatu daerah melaksanakan shalat ‘id sesama perempuan. Imam, khatib dan jamaahnya semua perempuan untuk menghindari terjadinya fitnah. Ada juga yang melaksanakan shalat ‘id sendirian di rumah tanpa pembacaan khutbah. Di kebanyakan daerah pedesaan ada fenomina lain. Para perempuan tidak melaksanakan shalat ‘id tetapi tetap hadir ke majelis shalat ‘id.

Pertanyaan:
a.    Bagaimana hukum menghadiri dan melaksanakan shalat ‘id di masjid, mushalla atau lapangan bagi perempuan dalam kondisi saat ini yang mengabaikan syarat-syarat tidak bertabarruj (berhias diri), tidak memakai wangi-wangian dan hal lain yang dapat menimbulkan fitnah?

Jawaban
Dirinci sebagai berikut:
1.      Disunnahkan bagi perempuan yang sudah lanjut usia dan perempuan yang tidak menarik dengan syarat tidak memakai pakaian berhias, wangi-wangian dan aman dari fitnah;
2.      Makruh bagi perempuan yang sudah lanjut usia dan yang tidak menarik dengan memakai pakaian berhias, wangi-wangian dan tidak aman dari fitnah. Juga wanita cantik (menarik) walaupun tanpa memakai pakaian berhias, wangi-wangian dan aman dari fitnah;
3.      Haram bagi perempuan yang cantik (menarik) dengan memakai pakaian berhias, wangi-wangian atau menyangka adanya fitnah.

Dasar pengambilan hukum:
Rounded Rectangle: 124
1.  المنهج القويم، جـ 1، صـ 401- 402 مكتبة شاملة
( و ) يسن ( خروج العجوز ) لصلاة العيد والجماعات ( بذلة ) أي في ثياب مهنتها وشغلها ( بلا طيب ) ويتنظفن بالماء ويكره بالطيب والزينة كما يكره الحضور لذوات الهيئات ولو عجائز وللشابات وإن كن مبتذلات بل يصلين في بيوتهن ولا بأس بجماعتهن ولا بأن تعظهن واحدة ويندب لمن لا يخرج منهن التزين إظهارا للسرور وإنما يجوز الخروج للحليلية بإذن حليلها
2. البجيرمي على المنهج، جـ 4، صـ 254 مكتبة شاملة
أَمَّا النِّسَاءُ فَيُكْرَهُ لِذَوَاتِ الْهَيْئَةِ الْحُضُورُ وَيُسَنُّ لِغَيْرِهِنَّ وَيَتَنَظَّفْنَ بِالْمَاءِ وَلَا يَتَطَيَّبْنَ وَيَخْرُجْنَ فِي ثِيَابِ بِذْلَتِهِنَّ. -الى ان قال- (قَوْلُهُ : لِذَوَاتِ الْهَيْئَةِ إلَخْ ) ظَاهِرُهُ أَنَّ ذَاتَ الْجَمَالِ تَحْضُرُ إذَا لَمْ تَتَزَيَّنْ وَلَيْسَ كَذَلِكَ اللَّهُمَّ إلَّا أَنْ يُجَابَ بِأَنَّ الْمُرَادَ بِذَاتِ الْهَيْئَةِ وَلَوْ بِالنِّسْبَةِ لِلْبَدَنِ فَتَدْخُلُ الشَّابَّةُ الْجَمِيلَةُ وَتَخْرُجُ الْعَجُوزُ وَالشَّابَّةُ غَيْرُ الْجَمِيلَةِ إذَا لَمْ يَتَزَيَّنَا قال البِرْمَاوِيٌّ فَالْمُرَادُ بِذَوَاتِ الْهَيْئَةِ بَدَنًا أَوْ مَلْبَسًا
3. حاشية الجمل على المنهج، جـ2، صـ 684
Rounded Rectangle: 125ويكره لها أي المرأة حضور جماعة المسجد إن كانت مشتهاة ولو في ثياب مهنة أو غير مشتهاة وبها شيء من الزينة أو الريح الطيب وللإمام أو نائبه منعهن حينئذ كما له منع من تناول ذا ريح كريه من دخول المسجد ويحرم عليهن بغير إذن ولي أو حليل أو سيد أو هما في أمة متزوجة ومع خشية فتنة منها أو عليها انتهت قوله أيضا ويكره حضورهن المسجد أي محل الجماعة ولو مع غير الرجال فذكر المسجد والرجال للغالب ويحرم الحضور لذات الحليل بغير إذنه ويحرم عليه الأذن لها مع خوف الفتنة بها أو لها ويسن الحضور للعجائز على المعتمد كالعيد وحينئذ تكون الجماعة في المسجد لهن أفضل من الانفراد في البيت ا ه برماوي
4. إسعاد الرفيق شرح سلم التوفيق
وقوله صلى الله عليه وسلم انهوا نسائكم عن لبس الزينة والتبختر فى المسجد فإن بني إسرائيل لم يلعنوا حتى لبست نسائهم الزينة والتبختر فى المسجد، قال فى الزواجر وهو من الكبائر لصريح هذه الأحاديث وينبغى حمله ليوافق قواعدنا على ما إذا تحققت الفتنة أما مجرد خشيتها فإنما هو مكروه ومع ظنها حرام غير كبيرة كما هو ظاهر وعد من الكبائر أيضا خروجها بغير إذن زوجها ورضاه لغير ضرورة شرعي.

b.    Apakah mendirikan shalat dengan jamaah sesama perempuan menjadi salah satu alternatif untuk menghindari fitnah dan bagaimana hukumnya?

Rounded Rectangle: 126Jawaban
Mendirikan shalat ‘id sesama perempuan dalam kondisi sulitnya menghindar dari terjadinya fitnah dan hal-hal lain yang dilarang bisa menjadi salah satu alternatif. Dan hukum pelaksanaan shalatnya tetap disunnahkan. Sedangkan khutbah ‘id tidak diperbolehkan bagi khatib perempuan, tetapi cukup dengan mau’idhatul hasanah.

Dasar pengambilan hukum:

1. فتاوي النووي جـ 1 فى باب صلاة  العيد
تسن صلاة العيدين للنساء جماعة فى بيوتهن وأما خروجهن من بيوتهن لحضورها فيسن للعجوز وغير ذوات الهيئات والجمال غير متزينات ولا متطيبات مع أمن الفتنة ويكره لهن مع الطيب او الزينة وكذا لذوات الهيئات او الجمال غير متزينات ولا متطيبات او مع خوف الفتنة ويحرم لهن إذا تزين أو تطيبن أو مع ظن الفتنة وكان من الكبائر إذا تحققت الفتنة او بغير إذن زوجها، ولا تصح خطبة المرأة بل وتحرم إذا قصدت خطبة شرعية أو التشبه بالرجال لتعاطيها عبادة فاسدة قياسا على الأذان.
2. أسنى المطالب، جـ 4، صـ 115، مكتبة شاملة
Rounded Rectangle: 127(وَيُكْرَهُ لِذَوَاتِ الْهَيْئَاتِ وَالْجَمَالِ ) الْحُضُورُ كَمَا مَرَّ فِي صَلَاةِ الْجَمَاعَةِ فَيُصَلِّينَ فِي بُيُوتِهِنَّ وَلَا بَأْسَ بِجَمَاعَتِهِنَّ لَكِنْ لَا يَخْطُبْنَ فَإِنْ وَعَظَتْهُنَّ وَاحِدَةٌ فَلَا بَأْسَ أَخْذًا مِمَّا يَأْتِي فِي الْكُسُوف
3. حواشي الشرواني، جـ 3، صـ 40
(ولا خطبة له) أي ولا لجماعة النساء إلا أن يخطب لهن ذكر فلو قامت واحدة منهن ووعظتهن فلا بأس
4. الباجوري، جـ 1، صـ 226
(قوله خطبتين) أي كخطبتي الجمعة فى الأركان لا فى الشروط فإنها لا تشترط هنا بل تستحب الا الإسماع والسماع وكون الخطبة عربية وكون الخطيب ذكرا اهـ

c.    Bagi wanita yang khawatir terjadi fitnah, apakah dianjurkan shalat ‘id dan khutbah sendiri di rumah?

Jawaban
Dianjurkan shalat sendirian di rumahnya dan tidak disunnahkan membaca khuthbah.

Dasar pengambilan hukum:

حاشية الباجوري، جـ1، صـ 224
فلا تشترط لها الجماعة كما هو ظاهر ولا تسن الخطبة للمنفرد

d.   Apakah ada anjuran menghadiri majelis shalat ‘id bagi orang yang tidak bermaksud melakukan shalat ‘id?

Rounded Rectangle: 128Jawaban
Ada anjuran menghadirinya, tetapi tetap memperhatikan ketentuan-ketentuan pada jawaban sub (a) dan maslahahnya hadir lebih besar dari pada mafsadahnya.

Dasar pengambilan hukum:
Merujuk ke sub (a)

أسنى المطالب، جـ 4، صـ 115، مكتبة شاملة
( وَيُسْتَحَبُّ ) الْحُضُورُ ( لِلْعَجَائِزِ ) الْأَوْلَى لِغَيْرِ ذَوَاتِ الْهَيْئَاتِ بِإِذْنِ أَزْوَاجِهِنَّ وَعَلَيْهِ يُحْمَلُ خَبَرُ الصَّحِيحَيْنِ عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ { كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُخْرِجُ الْعَوَاتِقَ وَذَوَاتَ الْخُدُورِ وَالْحُيَّضَ فِي الْعِيدِ فَأَمَّا الْحُيَّضُ فَكُنَّ يَعْتَزِلْنَ الْمُصَلَّى وَيَشْهَدْنَ الْخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِينَ }


[1] Hasil Keputusan Bahtsul Masail NU Pamekasan Bulan Agustus 2015 di kediaman KH. Ach. Rahbini Abd. Latif, PP. Nurul Hidayah Desa Rek-Kerrek (MWCNU Palengaan) Hari Sabtu (Malam Ahad), Tanggal : 01 Dzul Qa’dah 1436 H. / 15 Agustus 2015 M.
Labels: Pembahasan Bahtsul Masasil, Puasa dan Hari Raya

Thanks for reading Wanita menghadiri Shalat ‘Id. Please share...!

0 Comment for "Wanita menghadiri Shalat ‘Id"

Back To Top