Deskripsi Masalah
Dalam proses persidangan di pengadilan pihak-pihak
yang bersangkutan dalam sebuah kasus, baik terdakwa yang juga berstatus saksi
maupun saksi-saksi lainnya diawali dengan pengucapan sumpah “demi Allah” bahwa
mereka akan memberikan keterangan yang sebenarnya dan tidak lain dari pada yang
sebenarnya. Pada saat pemeriksaan saksi ditanyakan banyak hal
oleh hakim dengan pertanyaan yang berbeda-beda. Pengucapan sumpah juga berlaku
dalam pengambilan sumpah jabatan-jabatan tertentu seperti PNS, Anggota Dewan
dan Jabatan pemerintahan dan lainnya.
Pertanyaan:
a.
Bagaimana status sumpah di pengadilan dan sumpah
jabatan, apakah termasuk syar’i yang berkonsekuensi kaffarat apabila dilanggar
karena merupakan aturan yang tidak boleh ditinggalkan?
Jawaban
Sumpah di pengadilan dan sumpah jabatan termasuk
syar’i dan hukumnya sah sehingga berkonsekuensi wajib membayar kaffarat apabila
dilanggar. Dalam kasus ini tidak ada indikasi ikrah (pemaksaan) karena
sebelum pengambilan sumpah biasanya mereka diminta kesiapannya untuk bersumpah.
Dasar pengambilan hukum:
1. الاقناع فى حل ألفاظ ابي شجاع، جـ2 صـ 288
ولا تنعقد اليمين إلا بذات الله تعالى أي بما يفهم منهم
ذات الباري سبحانه وتعالى المراد بها الحقيقة من غير احتمال غيره أو باسم من
أسمائه تعالى المختصة به ولو مشتقا أو من غير أسمائه الحسنى سواء كان اسما مفردا
كقوله والله أو مضافا كقوله ورب العالمين ومالك يوم الدين أو لم يكن كقوله والذي
أعبده أو أسجد له أو نفسي بيده أي بقدرته يصرفها كيف يشاء أو الحي الذي لا يموت
إلا أن يريد به غير اليمين فليس بيمين فيقبل منه ذلك كما في الروضة كأصلها
2. نهاية الزين،جـ1، صـ 392
ولا يجوز لقاض
أو محكم أو نحوه أن يحلف أحداً بطلاق أو عتق أو نذر، فلو حلف بما ذكر انعقدت
اليمين حيث لا إكراه منه فخرج الخصم فله التحليف بذلك. قال الشافعي رضي الله تعالى
عنه: ومتى بلغ الإمام أن قاضياً يستحلف الناس بطلاق أو عتق أو نذر عزله وجوباً عن الحكم
لأنه جاهل إن كان شافعياً فإن كان حنفياً أو مالكياً لم يعزله لأنه يرى ذلك، ولا
يحلف قاض على تركه ظلماً في حكمه ولا شاهد على أنه لم يكذب في شهادته ولا مدّع صبا
ولو احتمالاً بل يمهله حتى يبلغ إلا كافراً مسبياً أنبت العانة
3. بغية
المسترشدين، جـ 1 صـ 486
(مسألة: ك) : أمره الحاكم بالطلاق فطلق لم يقع وإن لم
يتهدده ، لأن الأئمة ألحقوا حكم الحاكم بالإكراه ، ولا فرق بين قدرة الحاكم على
إجباره حساً أم لا ، إذ هو إكراه شرعاً ، ومنه ما لو حلف ليطأنها الليلة فغلبه
النوم بحيث لا يستطيع ردّه ولم يتمكن قبل غلبته بوجه فلا يحنث كما لو وجدها حائضاً
، وشرط عدم وقوع الطلاق بالإكراه أن لا يكون بحق كما في المولى ، وأن لا توجد
قرينة اختيار من المطلق ، كأن أكره على ثلاث فوجد وأن
لا ينوي الطلاق.
b.
Kalau termasuk syar’i, apakah
setiap keterangan yang tidak benar pada saat persidangan dihitung melanggar
sumpah satu kali atau berdasarkan jumlah kebohongannya? Dan bagi pejabat yang
tidak sesuai dengan amanahnya, apakah juga dihitung melanggar sumpah satu kali
atau berdasarkan jumlah penyelewengan yang dilakukan?
Jawaban
Keterangan
yang tidak benar pada saat persidangan dan penyelewangan terhadap amanah
jabatan dianggap melanggar sumpah satu kali walaupun kebohongan dan
penyelewengannya dilakukan beberapa kali.
Dasar pengambilan hukum:
الموسوعة الفقهية الكويتية، جـ 35 صـ
45
تَعَدُّدُ كَفَّارَةِ الْيَمِينِ : ذَهَبَ
الْفُقَهَاءُ إِلَى أَنَّ مَنْ حَلَفَ عَلَى أُمُورٍ شَتَّى بِيَمِينٍ وَاحِدَةٍ
فَكَفَّارَتُهُ كَفَّارَةُ يَمِينٍ وَاحِدَةٍ ، كَمَا لَوْ قَال : وَاللَّهِ لَنْ آكُل وَلَنْ أَشْرَبَ وَلَنْ أَلْبَسَ ، فَحَنِثَ فِي
الْجَمِيعِ فَكَفَّارَتُهُ وَاحِدَةٌ ، لأِنَّ الْيَمِينَ وَاحِدَةٌ وَالْحِنْثَ
وَاحِدٌ ، فَإِنَّهُ بِفِعْل وَاحِدٍ مِنَ الْمَحْلُوفِ عَلَيْهِ يَحْنَثُ
وَتَنْحَل الْيَمِينُ، وَاخْتَلَفُوا فِيمَا إِذَا حَلَفَ بِأَيْمَانٍ شَتَّى
عَلَى شَيْءٍ وَاحِدٍ بِعَيْنِهِ ، أَوْ حَلَفَ بِأَيْمَانٍ شَتَّى عَلَى
أَشْيَاءَ مُتَعَدِّدَةٍ .
[1] Hasil Keputusan
Bahtsul Masail NU Pamekasan Bulan Desember 2014 dan Januari 2015. Tempat
pelaksanaan: (1) Pembahasan soal poin (a) di kediaman KH. Khotib Ansori, Masjid Al-Hidayah Desa Tentenan Barat (MWCNU Larangan) Hari Sabtu (Malam Ahad), Tanggal 28 Shafar 1436 H./20 Desember 2014 M. (2) Pembahasan soal poin (b) di kediaman Ust. Mohammad
Syafi’i, Masjid Darus Salam Desa
Bulangan Branta (MWCNU Pegantenan) Hari Sabtu (Malam Ahad), Tanggal 27 Rabi’ul
Awwal 1436 H./17 Januari 2015 M.
Labels:
Pembahasan Bahtsul Masasil,
Siyasah / Politik /Pemerintahan
Thanks for reading Sumpah di pengadilan dan sumpah jabatan. Please share...!
0 Comment for "Sumpah di pengadilan dan sumpah jabatan"