Deskripsi
Masalah
Bagi kaum muslimin Indonesia, perbedaan penetapan
hari raya antara pemerintah dan organisasi-organisasi islam sudah menjadi
biasa. Hal ini karena perbedaan pendekatan/metode penetapan, ada yang
menggunakan imkan al-ru’yah yang dipadukan dengan ru’yat dan wujud al-hilal
yang hanya perpedoman pada hisab semata, bahkan ada yang menggunakan hisab ishtilahi
dengan menggunakan hitungan-hitungan hari tertentu (contoh; kalau 1 Muharram
hari selasa maka ‘Idul Fitri juga selasa atau menghitung 5 hari dari ‘Idul Fitri
dari tahun yang lalu dan sebagainya).
Namun yang tidak biasa, ketika terjadi perbedaan
hari raya seperti ‘Idul Fitri tahun ini (1432 H/2011 M) yaitu hari selasa dan
rabu, maka banyak orang megikuti yang lebih dulu walaupun sebenarnya mereka
bukan anggota dari organisasi yang berhari raya selasa, tetapi mereka
mengumandangkan takbir dan shalat ‘id pada hari rabu. Hal ini menyebabkan
tanggapan beragam di masyarakat, ada tokoh yang mengharamkan karena bukan
waktunya, dan ada yang tidak mempermasalah-kan.

Pertanyaan:
Bolehkah keyakinan berhari raya tersebut
didasarkan pada hisab ishtilahi seperti hitungan hari tertentu
sebagaimana deskripsi di atas?
Jawaban
Tidak boleh, kecuali hisab ishtilahi
tersebut cocok dengan hasil hisab yang qath’i.
Dasar pengambilan hukum:
1.
الدروس الفلكية لكتاب الثالث، صـ 19
تنبيه إعلم أن الشهر بهذا الحساب الإصطلاحى بتقدم
على أوله بالرؤية بيوم أو بيومين ولا يمكنأكثر من ذلك، وقد يوافق أوله بهذا الحساب
أوله بالرؤية ولا يمكن أن تتقدم الرؤية على هذا الحساب فلا يعتمد عليه بالصوم
والفطر إلا بضميمته مع حساب أخر يعد له اهـ
2.
نزهة المجالس، جـ 1، صـ 159
رأيت فى عجائب المخلوقات للقزويين رحمه الله تعالى
عن جعفر الصادق رضي الله عنه خامس رمضان الماضى أول رمضان الأتى وقد امتحنوا ذلك
خمسين سنة فوجدوه اهـ
3.
منتهى نتائج الأقوال
فى معرفة أحوال الهلال للشيخ محمد حسن أشعرى الباويانى الفاسروانى، صـ 2

التنبيه الثانى الذي يراد بقول الفقهاء يجوز للحاسب
الخ الحساب الهلالي لا الإصطلاحى كما فى جدوالي الذي لاستخراج البروج ولاحساب
الحروف الذي يجمع به عدد جمل حروف السنة والأشهر ويعدون بالمجموع من يوم معلوم كا
ابوقي عند أهل الجاوي.
4.
بغية المسترشدين، صـ 108
(مسألة: ي ك) يجوز
للمنجم وهو من يرى أن أول الشهر طلوع الفجر الفلاني، والحاسب وهو من يعتمد منازل
القمر وتقدير سيره العمل بمقتضى ذلك لكن لا يجزيهما عن رمضان لو ثبت كونه منه بل
يجوز لهما الإقدام فقط قاله فى التحفة والفتح وصحح ابن الرفعة فى الكفاية الإجزاء
وصوبه الزركشي والسبكي واعتمده فى الإيعاب والخطيب بل اعتمده (م ر) تبعا لوالده
الوجوب عليهما وعلى من اعتقد صدقهما وعلى هذا يثبت الهلال بالحساب كالرؤية للحاسب
ومن صدقه اهـ
[1]
Hasil Keputusan Bahtsul
Masail NU Pamekasan bulan September 2011 di Kediaman R.K. Abd. Syahir, Masjid
An-Nur Pakong (MWC NU Pakong), Hari Sabtu (Malam Ahad), 19 Syawal 1432 H/17 September 2011 M
Labels:
Pembahasan Bahtsul Masasil,
Puasa dan Hari Raya
Thanks for reading Perbedaan Penetapan Hari Raya. Please share...!
0 Comment for "Perbedaan Penetapan Hari Raya"