Mencuci pakaian dengan cara tradisional

 Deskripsi masalah

Dalam tata cara mencuci pakaian secara tradisional ada beberapa hal yang biasa dilakukan pada umumnya ibu-ibu, di antaranya baju yang mutanajjis direndam dalam bak berisi air sabun. Lalu dikucek dan dipisahkan dari air sabun. Setelah itu air sabun dibuang dan diganti dengan air bersih. Baju yang telah dicuci dimasukkan lagi ke dalam bak berisi air bersih dengan tujuan membersihkan air sabun. Hal ini diulang beberapa kali. Setelah diperkirakan sisa sabun sudah habis, maka air dibuang. Setelah itu dibilas untuk disucikan.

Cara pertama, baju cucian dimasukkan bak kosong lalu bak diisi air suci sampai meluap. Cara kedua, baju dibilas satu persatu dengan dituangi air suci. Dan cara ketiga bak diisi air suci lalu baju cucian dimasukkan ke dalamnya

 

Pertanyaan:

a.       Apakah ketiga cara menyucikan pakaian tersebut sudah dianggap cukup?

b.       Apakah sisa bau atau busa sabun harus benar-benar hilang sehingga cucian dihukumi suci?

 

Jawaban:

a.       Cara membilas baju yang pertama dan kedua sebagaimana deskripsi sudah dianggap cukup. Sedangkan cara ketiga (bak diisi air suci lalu baju cucian dimasukkan ke dalamnya) terjadi khilaf, yaitu menurut qaul ashah tetap dianggap najis karena air sedikit didatangi najis. Namun menurut Imam Ibnu Suraij dihukumi suci.

 

b.      Sisa bau atau busa sabun yang melekat pada baju terjadi khilaf:

1.      Menurut Imam At-Thablawi sisa bau atau busa tidak mempengaruhi terhadap sucinya baju yang telah dibilas.

2.      Menurut Imam Romli, sisa bau atau busa sabun tetap dihukumi najis, kecuali sulit untuk menghilangkannya.

 

Catatan Mushahhih

Untuk menghindari kesulitan menyucikan baju cucian dan keluar dari khilafiyah ulama, diharapkan sebelum mencuci hendaklah memisah antara baju yang mutanajjis dan tidak mutanajjis atau menghilangkan najisnya dulu sebelum memberi sabun.

 

Dasar pengambilan hukum:

1.   روضة الطالبين الجزء الأول صـ 31

قال المتولي وغيره للماء قوة عند الورود على النجاسة فلا ينجس بملاقاتها بل يبقى مطهرا فلو صبه على موضع النجاسة من ثوب فانتشرت الرطوبة في الثوب لا يحكم بنجاسة موضع الرطوبة ولو صب الماء في إناء نجس ولم يتغير بالنجاسة فهو طهور فإذا أداره على جوانبه طهرت الجوانب كلها قال ولو غسل ثوب عن نجاسة فوقعت عليه نجاسة عقب عصره هل يجب غسل جميع الثوب أم يكفي غسل موضع النجاسة وجهان الصحيح الثاني والله أعلم.

 

2. مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج  - (ج 1 / ص 401)

( وَيُشْتَرَطُ وُرُودُ الْمَاءِ ) عَلَى الْمَحَلِّ إنْ كَانَ قَلِيلًا فِي الْأَصَحِّ لِئَلَّا يَتَنَجَّسَ الْمَاءُ لَوْ عُكِسَ لَمَا عُلِمَ مِمَّا سَلَفَ أَنَّهُ يَنْجُسُ بِمُجَرَّدِ وُقُوعِ النَّجَاسَةِ فِيهِ . وَالثَّانِي وَهُوَ قَوْلُ ابْنِ سُرَيْجٍ : لَا يُشْتَرَطُ ؛ لِأَنَّهُ إذَا قَصَدَ بِالْغَمْسِ فِي الْمَاءِ الْقَلِيلِ إزَالَةَ النَّجَاسَةِ طَهُرَ كَمَا لَوْ كَانَ الْمَاءُ وَارِدًا بِخِلَافِ مَا إذَا أَلْقَتْهُ الرِّيحُ

 

3. المجموع شرح المهذب – جـ 2، صـ 612 مكتبة الارشاد

(الخامسة) إذا كانت النجاسة مائعا في اناء فصب عليه ماء غمره ولم يرقه فهل يطهر الاناء وما فيه: فيه وجهان ذكرهما المصنف بدليلهما وهما مشهوران الصحيح منهما لا يطهر ولو غمس الثوب النجس في اناء دون قلتين من الماء فوجهان الصحيح وبه قطع الجمهور ينجس الماء ولا يطهر الثوب وقال ابن سريج يطهر الثوب ولا ينجس الماء ولو القت الريح الثوب في الماء وهو دون القلتين نجس الماء ولم يطهر الثوب بلا خلاف ووافق ابن سريج علي النجاسة هنا واستدلوا بهذا على اشتراطه النية في ازالة النجاسة وانكر امام الحرمين والغزالي وغيرهما هذا الاستدلال (السادسة) إذا كان داخل الاناء متنجسا فصب فيه ماء غمر النجاسة فهل يطهر في الحال قبل اراقة الغسالة: وجهان بناء علي اشتراط العصر أصحهما الطهارة كالارض والله أعلم * قال المصنف رحمه الله

 

4. ﻫﺎﻣﺶ ﺑﻐﻴﺔ ﺍﻟﻤﺴﺘﺮﺷﺪﻳﻦ ﺻ 12

ﻭﻟﻮ ﺯﺍﻟﺖ ﺍﻟﻨﺠﺎﺳﺔ ﺑﺎﻻﺳﺘﻌﺎﻧﺔ ﺑﺎﻟﺼﺎﺑﻮﻥ ﻭﺑﻘﻰ ﺭﻳﺢ ﺍﻟﺼﺎﺑﻮﻥ ﻃﻬﺮ ﻗﺎﻟﻪ ﺍﻟﻄﺒﻼﻭﻯ ﻭﻗﺎﻝ ﻣ ﺭ ﻻﺗﻄﻬﺮ ﺣﺘﻰ ﺗﺼﻔﻮ ﺍﻟﻐﺴﺎﻟﺔ ﺍﻩـ

 

5. ﺑﺸﺮﻯ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﺻـ 144

ﺗﻨﺒﻴﻪ ﺁﺧﺮ : ﺇﺫﺍ ﻏﺴﻞ ﺛﻮﺑﺎً ﻣﺘﻨﺠﺴﺎً ﺑﻨﺤﻮ ﺻﺎﺑﻮﻥ ﺣﺘﻰ ﺯﺍﻟﺖ ﺍﻟﻨﺠﺎﺳﺔ .. ﻃﻬﺮ ﻭﺇﻥ ﺑﻘﻲ ﺭﻳﺢ ﺍﻟﺼﺎﺑﻮﻥ، ﻗﺎﻟﻪ ﺍﻟﻄﺒﻼﻭﻱ . ﻭﻗﺎﻝ ‏( ﻡ ﺭ ‏) : ﻻ ﻳﻄﻬﺮ ﺣﺘﻰ ﺗﺼﻔﻮ ﺍﻟﻐﺴﺎﻟﺔ ﻣﻦ ﺭﻳﺢ ﺍﻟﺼﺎﺑﻮﻥ، ﺃﻱ : ﻹﻣﻜﺎﻥ ﺍﺳﺘﺘﺎﺭ ﺭﻳﺢ ﺍﻟﻨﺠﺲ ﻓﻲ ﺭﻳﺤﻪ ﻭﻳﻌﻔﻰ ﻋﻤﺎ ﻳﺸﻖ ﺍﺳﺘﻘﺼﺎﺅﻩ

 

Keterangan Tempat Pelaksanaan:

Pembahasan soal di kediaman KH. MOH. THALHAH, Yayasan Mabdaus Sholah Dsn Gunung Penang Desa Seddur (MWCNU Pakong) Hari Senin (Malam Selasa), Tanggal: 25 Shafar 1442 H. / 12 Oktober 2020 M.

Labels: Thaharah (Bersuci)

Thanks for reading Mencuci pakaian dengan cara tradisional. Please share...!

0 Comment for "Mencuci pakaian dengan cara tradisional"

Back To Top