Pelaksanaan aqad nikah dan walimah


Deskripsi Masalah

Walimah al-’Urs merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan sebagai bentuk rasa syukur atas sahnya akad nikah. Dalam pelaksanaanya di masyarakat, beragam acara disajikan, mulai dari acara yang berbentuk ceremonial sampai acara-acara hiburan. Bahkan bagi kebanyakan masyarakat, bulan, hari dan tanggalnya-pun harus ditanyakan kepada para kyai atau orang-orang pintar. Untuk saling meringankan beban biaya walimah, terbentuklah suatu tradisi di masyarakat sumbang-menyumbang baik berbentuk uang, barang atau lainnya. Dalam praktiknya tradisi tersebut sangat beragam, ada sumbangan semanpunya yang tidak memperhitungkan bentuk dan jumlah sumbangan, ada sumbangan yang menurut kebiasaan harus mengembalikan bentuk dan jumlah yang sama pada waktu penyumbang mengadakan acara serupa bahkan kadang-kadang diminta, dan lain sebagainya.
Bahan pertimbangan:
1.       setiap bentuk sumbangan dilakukan tanpa akad apa-apa;
2.       akan terjadi fitnah di masyarakat kalau sumbangan tersebut tidak dikembalikan.
(PC LBM NU Pamekasan)
Pertanyaan:
a.       Adakah bulan, hari dan tanggal yang dianjurkan syariat untuk melaksanakan akad nikah dan walimah al-’Urs?

Jawaban :
Dalam pelaksanaan aqad nikah bulan dan hari yang dianjurkan syariat adalah bulan Syawal dan bulan Shafar, hari Jum’at dan Kamis sedangkan tempatnya dianjurkan di Masjid. Dan waktunya dilaksanakan pada pagi hari. Sedangkan tanggalnya, muhawirin tidak menemukan nash yang sharih.
Dalam pelaksanaan Walimah al-‘Urs tidak ada bulan, hari dan tanggal tertentu yang dianjurkan, tetapi waktu pelaksanaannya dianjurkan setelah dukhul atau setelah akad nikah dan dilaksanakan pada malam hari.

Referensi :
1.      I’anah al-Thalibien, Juz III, Hal. 273
2.      Nihayah al-Zain, Hal. 295
3.      Faid al-Qadir, Juz 2, Hal. 103-104
4.      al-Bajury ala Ibn Qasim, Juz II, Hal. 125
5.      I’anah al-Thalibien, Juz III, Hal. 358
وعبارته:
1. اعانة الطالبين، جـ 3، صـ 273
وأن يكون العقد فى المسجد ويوم الجمعة واول النهار وفى شوال وأن يدخل فيه ايضا اهـ قوله وأن يكون الخ. اي ويسن ان يكون العقد فى المسجد قال فى التحفة للأمر به فى خبر الطبرانى اهـ وهو أعلنوا هذا النكاح واجعلوه فى المساجد واضربوا عليه بالدفوف وليولم أحدكم ولو بشاة الخ –الى ان قال- قوله ويوم الجمعة أي وأن يكون فى يوم الجمعة لأنه اشرف الأيام وسيدها وقوله واول النهار اي وأن يكون فى أول النهار لخبر اللهم بارك لأمتى فى بكورها حسنه الترمذى، قوله وفى شوال أي ويسن ان يكون العقد فى شوال وقوله وأن يدخل فيه أي ويسن أن يدخل على زوجته فى شوال أيضا والدليل عليه وعلى ما قبله خبر عائشة رضي الله عنها قالت تزوجنى رسول الله صلى الله عليه وسلم فى شوال ودخل فيه وأي نسائه كان احضى عنده منى وفيه رد على من كره ذلك.

2. نهاية الزين، صـ 295
ويسن أن يتزوج فى شوال وفى صفر لان رسول الله صلى الله عليه وسلم تزوج عائشة رضي الله عنها فى شوال، وزوج ابنته فاطمة عليا فى شهر صفر على رأس إثنى عشر شهر من الهجرة وأن يعقد فى المسجد وأن يكون العقد مع جمع واول النهار ويوم الجمعة.
3. فيض القدير، جـ2، صـ 103-104
"اللهم بارك لأمتى فى بكورها" "اللهم بارك لأمتى فى بكورها يوم الخميس" قوله اللهم بارك لأمتى فى بكورها –الى أن قال- قال النووى فى رؤوس المسائل يسن وظيفة من نحو قرأة او علم شرعي وتسبيح او اعتكاف او صنعة فعله أول النهار وكذا نحة سفر وعقد نكاح وإنساء أمر لهذا الحديث، وقوله يوم الخميس فى رواية لبزار يوم خميسها وفى رواية الطبرانى واجعله يوم الخميس فيه خلقة الملائكة المدبرة للعالم قال القزويني يوم مبارك سياما لطلب الحاجة وابتداء السفر وكان صخر لا يسافر الا فيه فأثرى وكثر ماله اهـ
Labels: Pembahasan Bahtsul Masasil, Walimah / Resepsi

Thanks for reading Pelaksanaan aqad nikah dan walimah. Please share...!

0 Comment for "Pelaksanaan aqad nikah dan walimah"

Back To Top