Berkurban Dengan Cara Sumbangan

Deskripsi Masalah

Demi untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan dan sosial, sebagian lembaga pendidikan memprogramkan qurban tahunan yang dananya dikumpulkan dengan cara sumbangan dari siswa. Hal ini tentunya akan menimbulkan permasalahan dalam hal penentuan (ta’yin) qurban, karena satu sisi hewan yang didapatkan tidak cukup untuk qurban seluruh siswa dan pada sisi yang lain seluruh siswa tentunya menginginkan keutamaan berqurban.
Pertanyaan:
Sahkah berkurban atas nama semua siswa? kalau tidak sah, bolehkah diatasnamakan kepala sekolah sebagai pimpinan di sekolah itu atau diatasnamakan salah satu siswa sebagai pihak penyumbang?
Jawaban:
Berkurban atas nama seluruh siswa dengan hewan yang peruntukannya melebihi ketentuan hukumnya tidak sah. Agar sah, kurban tersebut harus diatasnamakan siapa saja berdasarkan kesepakatan bersama antara penyumbang (siswa).
Catatan Mushahhih
Kesepakatan dalam menentukan peruntukan hewan qurban kepada orang tertentu apabila siswa yang dimaksud (penyumbang) adalah muslim, baligh dan berakal (مطلق التصرف).
Referensi :
1. Hasyayatan Qalyuby wa Umairah, Juz II, Hal 321
2. Syarwany, Juz IX, Hal. 349
3. Bidayatul Mujtahid, Juz I, Hal. 318
4. Fathul Wahhab, Juz II, Hal. 189
5. Bughyatul Mustarsyidin, Hal 257
6. al-Bajuri, Juz II, Hal. 296 dan 297
وعبارته:
1. حاشيتان قليوبى وعميرة، جـ 2، صـ 321
فرع : الجمعة المشهورة بين النساء بأن تأخذ امرأة من كل واحدة من جماعة منهن قدرا معينا فى كل جمعة او شهر وتدفعه لواحدة بعد واحدة الى اخرهن جائزة كما قاله الولي العراقي
2. شرواني، جـ9، صـ349
وكذا يقال فيما لو اشترك أكثر من سبعة فى بقرتين مشاعتين او بعيرين كذلك لم يجز عنهم لأن كل واحد منهم لم يخصه سبع بقرة او بعير من كل واحد من ذلك اهـ وكذا فى بداية المجتهد، جـ1، صـ 318
3. فتح الوهاب، جـ2، صـ189
ولا تضحية لأحد عن أخر بغير إذنه ولو كان ميتا كسائر العبادات بخلاف ما إذا اذن له كالزكاة وصورته فى الميت أن يوصي بها واستثني من اعتبار الاذن ذبح اجنبي معينة بالنذر بغير اذن الناذر فيصح على المشهور ويفرق صاحبها لحمها لأن ذبحها لا يفتقر الى نية كما مر وتضحية الولي من ماله عن محاجيره فيصح كما افهمه تقييدهم المنع بمالهم وتضحية الامام عن المسلمين من بيت المال فتصح كما نقله الشيخان عن الماوردي واقره اهـ
4. بغية المسترئدين، صـ257
قال الخطيب و م ر وغيرهما لو اشرك غيره فى ثواب اضحيته كأن قال عني وعن فلان او اهل بيتي (والمراد بأهل البيت من تلزمه نفقته) جاز وحصل الثواب للجميع اهـ
5. الباجورى، جـ2، صـ186، 187
ولا يجوز ان يضحي عن غيره بغير اذنه الا اذا ضحى عن أهل بيته او الولي من ماله عن موليه او الامام من بيت المال عن المسلمين اهـ (الباجوري،جـ2، صـ 187) وفى صحيفة 186 نصه: (قوله سنة مؤكدة) اي فى حقنا وأما فى حقه صلى الله عليه وسلم فهي واجبة والمخاطب بها المسلم البالغ العاقل الحر المستطيع وكذا المبعض ملك مالا ببعضه الحر. والمراد بالمستطيع من يقدر عليها فاضلة عن حاجته وحاجة ممونه يوم العيد وأيام التشريق لأن ذلك وقتها اهـ
Keterangan Tempat Pelaksanaan:
Pembahasan di Kediaman Ust. Muhammad Syafi’i, Masjid Darus Salam, Desa Bulangan Branta (MWC-NU Pegantenan), Hari Sabtu (Malam Ahad), 07 Dzul Hijjah 1431 H./ 13 Nopember 2010 M.
Labels: Qurban dan Aqiqah

Thanks for reading Berkurban Dengan Cara Sumbangan. Please share...!

0 Comment for "Berkurban Dengan Cara Sumbangan"

Back To Top