Pendapat Ulama tentang Mengganti Benda Nadzar


Deskripsi Masalah

Berdasarkan keputusan Bahtsul Masail bulan lalu (Agustus 2006) di MWC NU kota Pamekasan, bahwa menurut Syafi'iyah mengganti benda nadzar yang disebutkan dalam aqad nadzar dengan uang atau benda lainnya tidak boleh.

Pertanyaan:
a. Adakah qaul Syafi'iyah lainnya atau madzhab lain yang membolehkan nadzir mengganti dengan uang atau benda lainnya dan atau mengalihkan kepada panitia/orang lain?
Jawaban :
Menurut Syafi’iyah, muhawirin tidak menemukan nash yang membolehkan. Sedangkan menurut Hanafiyah boleh dengan syarat nilainya harus sama dengan apa yang disebutkan nadzir dalam aqad.
Referensi :
1. Mughni al-Muhtaj, Juz IV, Hal. 464
2. Madzahib al-Arba’ah, Juz II, Hal. 140
وعبارته :
1. أو نذر التصدق بشيئ على اهل بلد معين مكة او غيرها كرمة ذلك وفاء بالتزامه وصرفه لمساكينه من المسلمين ولا يجوز نقله كما فى زيادة الروضة كالزكاة ، اهـ (مغنى المحتاج، جـ 4، صـ 464)
2. واعلم ان النذر المطلق لا يتقيد بزمان ولا مكان ولا دراهم ولا فقير فاذا نذر ان يتصدق يوم الجمعة بهذا الدرهم على فلان فتصدق يوم الخميس او يوم السبت بغير هذا الدرهم على شخص اخر جاز وكذا لو عين شهر الاعتكاف او للصوم فجعل صح وكذا اذا نذر ان يحج سنة كذا فحج قبلها صح. اما نذر المعلق فانه يتعين فيه الوقت فقط اذ لا يصح تقديمه على وقوع المعلق عليه بخلاف تأخيره عنه فانه جائز اما تعيين الفقير والدرهم والمكان فيه فليس بلازم فيصح ان يدفع غير الدرهم المنذور لفقير اخر غير الذي ذكره فلو نذر لفقراء مكة جاز الصرف لفقراء غيرها سواء كان النذر مطلقا او معلقا . اهـ {مذاهب الاربعة، جـ 2، صـ 140}
b. Bolehkah penerima/panitia yang telah menerima benda nadzar menjual atau mengganti dengan benda lainnya?
JAWABAN :
Menurut Syafi’iyah tidak boleh.
REFERENSI :
Mughni al-Muhtaj, Juz IV, Hal. 469
وعبارته :
قال الشيج عز الدين المهدى الى المساجد من زيت او شمع ان صرح بانه نذر وجب صرفه الى جهة النذر ولا يجوز بيعه وان افرط فى الكثرة {مغنى المحتاج، جـ 4، صـ 469}
Keterangan Tempat Pelaksanaan:
Pembahasan soal di Kediaman K. ABD. RAHMAN, Ranting Trasak, MWC NU Larangan, Hari Sabtu (Malam Ahad) , Tanggal 17 Sya’ban 1427 H/09 September 2006 M.
Labels: Waqaf dan Nadzar

Thanks for reading Pendapat Ulama tentang Mengganti Benda Nadzar. Please share...!

0 Comment for "Pendapat Ulama tentang Mengganti Benda Nadzar"

Back To Top