Bahtsul Masail Bulan Agustus 2013

Kegiatan Bahtsul Masail Diniyah Bulan Agustus 2013 PC LBMNU Pamekasan bekerjasama dengan MWCNU Pademawu Insya Allah akan dilaksanakan pada hari Sabtu (Malam Ahad) tanggal 18 Syawwal 1434 H. / 24 Agustus 2013 M. Pukul 19.00 WIB selesai, tempat Kediaman KH. MAHRUS SHOFI (Rois MWCNU Pademawu), Desa Pademawu Barat Pamekasan (ke selatan pertigaan Pasar Pao + 2 KM)

Informasi ini sekaligus undangan bagi pesera tetap
Masail yang akan dibahas adalah:

1.   Baca al-Qur’an tanpa tajwid dalam syair
Deskripsi Masalah
Seperti biasa di masjid-masjid atau mushalla ketika hendak dilaksanakan shalat berjamaah. Sambil lalu menunggu datangnya para jama’ah shalat, biasanya dikumandangkan syair-syair, baik yang berupa istighfar atau lainnya. Hanya dari sekian syair tersebut ternyata ada yang merupakan petikan ayat al-qur’an. Sehingga ketika dibaca menghilangkan tajwid karena lebih disesuaikan dengan irama syairnya.
Pertanyaan
Bagaimanakah hukumnya praktek tersebut?(Sail: MWCNU Pamekasan)

2.  Ongkos Naik Haji Digunakan Untuk Umroh
Deskripsi Masalah
Keinginan menunaikan ibadah haji bagi kaum muslimin di Indonesia saat ini harus sabar menunggu penantian panjang 10 sampai 12 tahun untuk bisa berangkat haji dari waktu penyetoran. Hal ini karena terbatasnya kouta Jama’ah calon haji Indonesia yang tidak sesuai dengan banyaknya pendaftar. Panjangnya antrian itulah yang menyebabkan Pak Ahmad, seorang pedagang mengurungkan niatnya menyetor ONH dan mengantri. Walaupun termasuk mampu dia memilih berumroh dengan uang tersebut, tetapi dia berniat akan menunaikan ibadah haji pada tahun-tahun berikutnya kalau punya biaya lagi dengan ONH Plus atau reguler.  (Masalah mauquf pada Komisi BM Konfercab 2011)
Pertanyaan:
  1. Bagaimana hukum menggagalkan niat berhaji dengan memilih berumroh seperti deskripsi di atas?
  2. Kalau ternyata pada tahun-tahun berikutnya dia tidak memiliki biaya seperti yang diniatkan, apakah dia punya tanggungjawab mengqodho’ haji?

Labels: Agenda Kegiatan, BAHTSUL MASAIL

Thanks for reading Bahtsul Masail Bulan Agustus 2013. Please share...!

0 Comment for "Bahtsul Masail Bulan Agustus 2013"

Back To Top