Bahtsul Masail Bulan Pebruari 2013


Kegiatan Bahtsul Masail Diniyah Bulan Pebruari 2013 PC LBMNU Pamekasan bekerjasama dengan MWCNU Kadur Insya Allah akan dilaksanakan pada hari Sabtu (Malam Ahad), tanggal 22 Rabi’ul Awwal 1434 H. / 02 Pebruari 2013 M. Pukul 19.00 WIB selesai, tempat Kediaman H. MOH. LUTHFI, S.H. Kepala Desa Bangkes, Kec. Kadur Pamekasan, rute Ke Timur jembatan oray Pamoroh Kadur + 3 KM
Informasi ini sekaligus undangan bagi peserta tetap
Masail yang akan dibahas adalah:

1. Menikah karena guna-guna

Deskripsi Masalah
Telah terjadi pernikahan antara seorang janda bernama Sinta dan seorang pria bernama Tejo. Dari pernikahan mereka terdapat banyak kejanggalan sejak awal. Pernikahan ini terjadi begitu saja tanpa banyak waktu untuk saling mengenal satu sama lain. Meski begitu, keduanya cepat akrab hingga terjadi penikahan. Bahkan dari saking akrabnya, si Sinta memberi uang sebesar satu juta kepada si Tejo sebagaimana permintaannya. Setelah menikah si Tejo menghilang tanpa tahu kemana. Si Sinta merasa dirinya diperas dan ditipu oleh Tejo. Karena setelah mendapatkan sebagian harta kekayaannya, si Tejo justru kabur. Bahkan si Sinta merasa dirinya diguna-guna sehingga dengan mudah menerima ajakan menikah dan memberikan sebagian kekayaannya kepada si Tejo.
Pertanyaan :
a.      Sahkah akad nikah pada kasus tersebut (mengingat bahwa dalam pernikahan bagi wanita yang sudah janda harus murni kehendak sendiri dan tidak ada hak ijbar bagi wali)?
b.      Jika sah, bagaimanakah cara memutuskan ikatan nikah tersebut?      (MWCNU Pamekasan)

2.  Membuat jalan di sela-sela pekuburan umum
Deskripsi Masalah
Di suatu desa ada komplek pekuburan umum yang di sela-sela pemakaman tersebut biasa dilewati pejalan kaki sebagai jalan pintas menuju jalan utama sehingga kesannya menjadikan pekuburan sebagai jalan permanen karena hampir semua orang (pejalan kaki) yang menuju ke jalan utama pasti melewati jalan pintas tersebut.
Pertanyaan
Bolehkah menjadikan pekuburan umum sebagai jalan pintas pejalan kaki sebagaimana tersebut di atas?

Labels: Agenda Kegiatan, BAHTSUL MASAIL

Thanks for reading Bahtsul Masail Bulan Pebruari 2013. Please share...!

0 Comment for "Bahtsul Masail Bulan Pebruari 2013"

Back To Top