Bahtsul Masail Bulan Nopember 2012

Kegiatan Bahtsul Masail Diniyah Bulan Nopember 2012 PC LBMNU Pamekasan bekerjasama dengan MWCNU Pakong Insya Allah akan dilaksanakan nanti pada: hari Sabtu (Malam Ahad), Tanggal 04 Muharram 1434 H. / 17 Nopember 2012 M, pukul 19.00 WIB, tempat di Kediaman K. KHOLILURRAHMAN, Pondok Pesantren Miftahul Ulum Goa, Dusun Pao Bawang Desa Klompang Barat Kec. Pakong Kab. Pamekasan, rute : Jl. Raya Pakong – Masjid Al-Falah Bicorong/Kantor MWCNU Pakong ke timur + 2 KM (ikuti umbul umbul)

Informasi ini sekaligus undangan kepada peserta tetap.

Masail yang akan dibahas adalah:

1. Khatib jum’at meninggalkan rukun/syarat khutbah

Deskripsi Masalah
Khatbah jum’at termasuk salah satu syarat sahnya shalat jum’at. Dalam khatbah tersebut ditentukan rukun dan syarat sahnya. Berkaitan dengan hal tersebut, terjadi dalam pelaksanaan shalat jum’at seorang khatib meninggalkan salah satu syarat atau rukun khutbah sehingga ma’mum yang tahu, shalat lagi di rumahnya dengan niat shalat dzuhur.
Pertanyaan:
a.     Wajibkah ma’mum mengingatkan khatib tersebut? Dan bagaimana caranya?
b.     Kalau khatib diingatkan tetap tidak menghiraukan, apa yang harus dilakukan ma’mum selanjutnya?

2. Memajukan hari kelahiran anak

Deskripsi Masalah
Di era modern ini, manusia mampu mewujudkan kehidupannya sesuai dengan keinginannya. Hal ini pula yang terjadi pada pasutri Yuda dan Yuni yang saat ini sedang hamil tua. Berdasarkan prediksi dokter, Yuni akan melahirkan anaknya minggu depan. Namun sayang, sejak tiga hari lagi hingga dua minggu mendatang si Yuda (suami) harus keluar kota untuk urusan bisnis. Sebagai calon ayah, tentu Yuda ingin mendampingi si istri melahirkan anak pertamanya. Karenanya, demi memenuhi keinginan tersebut dan setelah berembuk bersama, akhirnya si istri dioperasi cesar dua hari kemudian. Hal ini juga sering dilakukan orang untuk menyesuaikan dengan momen hari tertentu.
Pertanyaan :
a.      Bolehkah melakukan praktik seperti di atas?
b.      Apakah hal tersebut tidak termasuk mengubah takdir dan ketentuan Allah yang wajib dipatuhi?


Labels: Agenda Kegiatan, BAHTSUL MASAIL

Thanks for reading Bahtsul Masail Bulan Nopember 2012. Please share...!

0 Comment for "Bahtsul Masail Bulan Nopember 2012"

Back To Top