Bahtsul Masail Bulan Oktober 2012

Kegiatan Bahtsul Masail Diniyah Bulan Oktober 2012 PC LBMNU Pamekasan bekerjasama dengan MWCNU Proppo Insya Allah akan dilaksanakan nanti pada: hari Sabtu (Malam Ahad), tanggal 28 Dzul Qa’dah 1433 H./ 13 Oktober 2012 M. pukul            19.00WIB, tempat Kediaman K. MOH. ROMLI IRSYAD (Wakil Ketua PCNU Pamekasan), Desa Samatan Kec. Proppo Kab. Pamekasan, rute: Jl. Raya Proppo – Ke utara Balai Desa Samatan + 80 meter (lihat umbul umbul)

Informasi ini sekaligus undangan kepada peserta tetap.


Masail yang akan dibahas adalah:

1.    Menyemir rambut sebagai gaya hidup

Deskripsi Masalah
Anak muda dengan karakteristik yang labil cendrung meniru sesuatu yang baru yang dianggap trendi, termasuk di antaranya gaya hidupnya. Oleh karenanya, saat ini banyak bermunculan kelompok anak muda yang menampilkan gaya hidup dunia barat yang penuh kebebasan tanpa kendali moral agama dengan penampilan nyentrik, aneh dengan rambut disemir warna-warni. Setelah bosan mereka kembali menyemir rambutnya dengan warna hitam.
Pertanyaan:
a.     Bagaimana hukumnya menyemir rambut hitam dengan warna-warni dengan maksud menjadikannya sebagai gaya hidup seperti tersebut dalam deskripsi di atas?
b.     Bagaimana hukumnya menyemir kembali dengan warna hitam agar kembali ke warna semula?

2.    Khatib jum’at meninggalkan rukun/syarat khutbah

Deskripsi Masalah
Khatbah jum’at termasuk salah satu syarat sahnya shalat jum’at. Dalam khatbah tersebut ditentukan rukun dan syarat sahnya. Berkaitan dengan hal tersebut, terjadi dalam pelaksanaan shalat jum’at seorang khatib meninggalkan salah satu syarat atau rukun khutbah sehingga ma’mum yang tahu, shalat lagi di rumahnya dengan niat shalat dzuhur.
Pertanyaan:
a.     Wajibkah ma’mum mengingatkan khatib tersebut? Dan bagaimana caranya?
b.     Kalau khatib diingatkan tetap tidak menghiraukan, apa yang harus dilakukan ma’mum selanjutnya?



Labels: Agenda Kegiatan, BAHTSUL MASAIL

Thanks for reading Bahtsul Masail Bulan Oktober 2012. Please share...!

0 Comment for "Bahtsul Masail Bulan Oktober 2012"

Back To Top