Bahtsul Masail Bulan Januari 2017

Kegiatan Bahtsul Masail Bulan Januari 2017 PC LBMNU Pamekasan bekerjasama dengan MWCNU Pegantenan yang Insya Allah akan dilaksanakan nanti pada hari Senin (Malam Selasa), tanggal 11 Rabi’ul Akhir 1438 H. / 09 Januari 2017 M. pukul 19.00 WIB-selesai, bertempat di Kediaman Ust. MOH. SYAIFUL QARI’, S.Ag, S.Pd. Desa Bulangan Haji, Kec. Pegantenan Pamekasan), rute: Jl. Raya Pakong – Sebelah utara Posko PKB Punjuk Bulangan haji ke barat  + 300 Meter (ikuti umbul-umbul PCNU Pamekasan)

Informasi ini sekaligus undangan


Masail yang akan dibahas adalah lanjutan dari materi bulan lalu:

Perbedaan dalam amaliyah perawatan janazah

Deskripsi Masalah
Dalam amaliyah perawatan janazah, banyak ditemukan di masyarakat perbedaan pengurusan janazah yang dilakukan oleh kyai/tokoh masyarakatnya. Walaupun tidak berkaitan langsung dengan tajhiz mayat yang wajib tetapi hal ini menjadi polemik di kalangan awam mempertanyakan yang mana yang benar atau yang utama untuk dipraktikkan. Di antaranya adalah:
a.     Posisi mayat pada saat kematiannya; ada yang ditidurkan dengan posisi kepala di utara, ada yang diposisikan kepala di timur sama dengan shalat posisi telentang. (Sudah dibahas)
b.    Posisi mayat ketika dishalatkan. Mayat laki-laki dan perempuan sama-sama diposisikan kepala di utara, ada yang memposisikan mayat laki-laki kepala di selatan dan mayat perempuan di utara. (Sudah dibahas)
c.     Posisi mulaqqin dan hadirin. Pada saat dibacakan talqin, mulaqqin duduk dan hadirin berdiri, ada yang sebaliknya, ada pula mulaqqin dah hadirin sama-sama duduk.
d.    Posisi mulaqqin di dekat mayat. Mulaqqin ada yang menghadap ke wajah mayat (timur), ada yang menghadap qiblat (barat)
e.     Talqin di bulan puasa. Ada yang mentalqin langsung setelah dikubur, ada yang tidak langsung mentalqin tetapi mentalqin setelah hari raya. Mereka berbondong-bondong ke makam untuk hanya sekedar mentalqin mayat setelah shalat ‘id.
f.     Membawa mayat ke kubur. Ada yang memposisikan kepala di depan, ada yang di diposisikan di belakang.
g.    Nisbah mayat ketika fatihah dan tahlil. Ada yang menisbahkan ke ayahnya, ada yang ke ibunya.

Pertanyaan:
Dia antara beberapa perbedaan tersebut (a, b, c, d, e, f dan g), yang manakah yang memiliki dasar hukum? Apabila sama-sama memiliki dasar hukum, yang menakah yang paling utama (afdhal)? (poin a dan b sudah selesai dibahas)

Demikian undangan ini, atas kehadiran Bapak/Saudara disampaikan terima kasih.

Wallahul Muwafiq Ila Aqwamith Thariq
Wassalamu’alaikum War. Wab.
Pengurus Cabang
Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Nahdlatul Ulama Pamekasan

Ketua,


FATHOR RASYID, S.Pd.I
NIA: 13.341008.0083.77




Sekretaris,


AHMAD FAUZI, S.H.I
NIA: 13.340712.0001.43
Mengetahui
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Pamekasan
Rois,


KH. R. ABD. MANNAN FADHALI
Tembusan                                                  NIA: 13.340309.0033.77
PCNU Pamekasan

Catatan: 1. ’Ibaroh yang dibawa mohon digandakan untuk diberikan kepada tim tahrir  dan tim tashhih
             2. Dimohon membawa infaq seikhlasnya untuk kelancaran kegiatan bahtsul masail

Labels: Agenda Kegiatan, BAHTSUL MASAIL

Thanks for reading Bahtsul Masail Bulan Januari 2017. Please share...!

0 Comment for "Bahtsul Masail Bulan Januari 2017"

Back To Top