Bahtsul Masail Bulan Mei 2012


Kegiatan Bahtsul Masail Diniyah Bulan Mei 2012 PC LBMNU Pamekasan bekerjasama dengan MWCNU Pegantenan yang Insya Allah akan dilaksanakan nanti pada:
hari Sabtu (Malam Ahad) tanggal  21 Jumadats Tsani 1433 H./ 12 Mei 2012 M. pukul 19.00 WIB tempat : Pendopo Kecamatan Pegantenan, Jl. Raya Pegantenan 
Informasi ini merupakan undangan bagi peserta  rutin.


Masail yang akan dibahas adalah:

1.    Penggunaan ruang kelas di luar peruntukannya

Deskripsi Masalah
Ada suatu Yayasan mengelola beberapa unit lembaga, yaitu PAUD, RA/TK, MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA/SMK yang waktu belajarnya dilaksanakan pagi hari, juga Madrasah Diniyah yang waktu belajarnya sore atau malam hari. Suatu saat salah satu unit lembaga tersebut, misalnya MI mendapatkan bantuan pembangunan/rehab ruang kelas dari pemerintah. Setelah selesai ruang kelas tersebut tidak digunakan oleh MI, tetapi digunakan oleh unit lembaga yang lain atau sama-sama mempergunakan pada waktu yang berbeda.
Pertanyaan:
a.     Bagaimana hukumnya menggunakan ruang kelas yang peruntukan bantuannya untuk MI dipergunakan oleh unit lembaga yang lain yang waktu belajarnya bersamaan?
b.     Bolehkah unit lembaga yang waktu belajarnya tidak bersamaan dengan MI seperti Madrasah Diniyah mempergunakan ruang kelas tersebut, mengingat tidak sesuai peruntukan dan pada saat itu tidak dipakai?
 (MWCNU Kadur)
2.    Khatib jum’at meninggalkan rukun/syarat khutbah

Deskripsi Masalah
Khatbah jum’at termasuk salah satu syarat sahnya shalat jum’at. Dalam khatbah tersebut ditentukan rukun dan syarat sahnya. Berkaitan dengan hal tersebut, terjadi dalam pelaksanaan shalat jum’at seorang khatib meninggalkan salah satu syarat atau rukun khutbah sehingga ma’mum yang tahu, shalat lagi di rumahnya dengan niat shalat dzuhur.
Pertanyaan:
a.     Wajibkah ma’mum mengingatkan khatib tersebut? Dan bagaimana caranya?
b.     Kalau khatib diingatkan tetap tidak menghiraukan, apa yang harus dilakukan ma’mum selanjutnya?

Labels: Agenda Kegiatan, BAHTSUL MASAIL

Thanks for reading Bahtsul Masail Bulan Mei 2012. Please share...!

0 Comment for "Bahtsul Masail Bulan Mei 2012"

Back To Top